Helmuth Von Moltke (1848-1916)

Posted by Smoking Frogz in

Merupakan Kepala Staf (Kastaf) Tentara Jerman yang bernama lengkap Count Helmuth Johannes Ludwig von Moltke. Lahir pada 25 Mei 1848 dan juga kemenakan dari Marsekal Count Helmith Karl Benhard von Moltke (1800-1891) yang pernah menjabat sebaga Chief of Staff Prussian Army selama 30 tahun. Tahun 1870 Moltke muda masuk tentara Prussia. Ia pernah menjadi ajudan sang paman sebelum karirnya menanjak dan menjadi wakil Kastaf (1904). Dua tahun kemudian dia menjadi Kastaf menggantikan Jenderal Alfred von Schlieffen, Perancang rencana perang Jerman yang terkenal.

Sewaktu PD I pecah, Moltke yang mewarisi rencana Schlieffen melakukan revisi dalam penerapan rencana Schlieffen. Revisinya yang utama adalah mengurangi kekuatan yang seharusnya dipakai untuk menggempur Perancis. Pengurangan ini dia lakukan karena sebagian kekuatan Jerman dikerahkan Rusia di front timur atas permintaan Austria-Hungaria. Karena Moltke sendiri kurang dalam pengalaman tempur langsung di lapangan, maka pengarahan kepada tentaranya tidak efisien, bahkan kontra-produktif.dia terkadang juga tidak mengetahui posisi dari tentaranya sendiri, karena itu dialah yang dianggap paling bertanggung jawab atas kekalahan Jerman di front barat.

Dia-pun dicopot dari jabatannya setelah beberapa bulan PD I pecah, dan diberi jabatan lain namun keburu terkena depresi dan meninggal di Berlin pada 18 Juni 1916. Moltke muda memang lain dengan pamannya, dia cerdas tapi sering kurang percaya diri, sehingga ada satu kisah ketika kaisar Wilhelm II menanyakan ‘apakah dia dapat memindahkan tentaranya dengan cepat ke front timur?’, Moltke menjawab ‘hal itu tidak dapat dilakukan dengan cepat karena kompleksnya masalah mobilisasi’. Kaisarpun berkata ‘kalau pamanmu, dia pasti member jawaban yang berbeda’.

This entry was posted on Wednesday, April 8, 2009 at 2:22 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the .

0 comments