Erich Von Falkenhayn (1861-1922)

Posted by Smoking Frogz in

Jenderal Jerman yang menjadi Kastaf menggantikan pendahulunya Helmuth von Moltke di front barat ini berasal dari keluarga militer, lahir di Prussia barat pada 11 November 1861. Ia masuk pasukan infanteri dan mengalami berbagai penugasan termasuk dalam ekspedisi militer Jerman ke Peking memadamkan pemberontakan Boxer (1900-1901). Menjelang pecahnya PD I, ia menjabat menteri Peperangan Jerman. Dalam posisinya sebagai Kastaf, dia pun berperan sebagai panglima de-facto di front barat, Perancis dan Belgia.

Dia berencana untuk membokong pasukan musuh dan merebut pantai selat Channel , namu usahanya tak berhasil karena tentara Belgia mundur dari Antwerpen tepat waktu dan pasukan Inggris-Perancis keburu dipindahkan untuk menutup jalan ke pantai (September-November 1914). Falkenhayn kemudian memindahkan sebagian pasukannya ke front timur menghadapi Rusia, serta membantu Austria tatkala Italia ikut memerangi Jerman-Austria. Tapi ia yakin bahwa yang paling menentukan kesudahan perang ini tetaplah di front Barat., sehingga di bertekad untuk memancing dan menghancurkan kekuatan Perancis dengan mengincar Verdun sebagai sasarannya.

Falkenhayn berpendapat bahwa Kota Benteng Verdun adalah symbol kehormatan Perancis sehingga akan dipertahankan dengan segala daya upaya dan darah. Pendapatnya ini tepat karena kemudian setelah pecah perang Verdun (Februari-Desember 1916), walaupun Perancis dalam keadaan yang ‘sangat berdarah’ namun Jerman belum berhasil untuk mengalahkan Perancis, sehingga sebelum pertempuran berakhir, 28 Agustus 1916 dia dipindahkan ke front Timur yang saat itu bertepatan dengan pernyataan perang Rumania terhadap Jerman-Austria.

Dia berhasil memukul mundur serbuan Rumania, bahkan memduduki ibukota Bukarest bersama pasukan Jerman lainnya pimpina von Mackensen. Selanjutnya dia memimpin pasukan Turki di Palestina, namun dikalahkan oleh Inggris yang dipimpin Jendral Edmund Allenby (Jenderal Inggris yang paling bertanggung jawab atas lahirnya Zionisme-Israel ditanah Palestina sekarang), karena Falkenhayn kekurangan sumber daya yang memadai. Dia kemudian digantikan oleh Jenderal Liman von Sanders pada Februari 1918, lalu pension dan undur diri ke purinya dekat Postdam. Falkenhayn meninggal pada 8 April 1922.

This entry was posted on Wednesday, April 8, 2009 at 2:25 AM and is filed under . You can follow any responses to this entry through the .

0 comments